Senin, 30 Maret 2009

Panduan Wisata Bodoh part3

Panduan Wisata bodoh Part3





Nurul Anisa Putri a.k.a Aniez Onez

mempersembahkan...

ini nih lanjutan cerita lainnya,,

cerita biasa-biasa aja yang agk aneh2 dikit..



6. Menawar menawir



Suatu hari gw bersama partner2 gw lainnya penegen makan ubi madu Cilembu yang rasanya

maiez..banget ampe giung sendiri klo kita makan,,apalagi dengan suasana dingin

kayakdi puncak or dataran tinggi lainnya,,

datanglah kita menghampiri penjual ubi madu,pas kita tanya harganya berapa?

c tukang ubi madu jwb"13 ribu"..oh..gw ngomong pake bahasa sunda..intinya

jangan mahal2..dan gw berencana akan melakukan tawar menawar..

dan tiba-tiba si partner in crime gw..tiba2 menyebut kata.."Bang,12 ribu aja"

hah...gw langsung stok,,dan seketika itu pula si abangnya deal dan langsung masukin

c ubi madu ke dalem kantong kresek,,

loh,,gw kan blom deal,,kok bgini,,akhirnya gw rayu-merayu lagi c abang bwat

ngasih harga ubi 10 ribu per kg aja,,eh c abang menolak gara2 tmen gw bilang 12 ribu..

kan kita ber5,,jadi pt-pt nya bakalan lebih gampang gtu..

harusnya di dalam Hukum tawar menawar,jika kita dikasih harga 13 ribu,,berarti

ynag kita harus lakukan adalah menawarnya dengan harga 7000-8000..supaya

paling mentok jadinya deal 10 ribu..

nah,,hukum tawar mwnawar mana yang mengizinkan cuman seribu dari

13.000 itu gak lebih dari 10 % tau,,,Akhirnya..gw punya ide biar kagak rugi2

amat..gw minta c abang nambahin satu ubi madu ke kantong kresek,,dan

dikasih juga pada akhirnya..dengan harga 12 ribu

pas gw itung tu ubi madu isinya ada 6buah,,,yah sama aja klo 10 ribu 5..

abang yang anehhhhh...

gw simpulkan bahwa cara menawar seperti partner in crime gw adalah salah..

maka gw sebut cara menawar ini menawir..



Pesan moral :



1. klo nawar barang perhatikan waktu dan tempatnya,,jangan asal nawar

dan jadi korban penipuan abang-abang,,klo beli ubi madu di Puncak

pakailah bahasa sunda,,klo beli batik di Yogya pakailah bahasa Jawa,klo

lu beli bika ambon,,pakailah bahasa batak,,klo beli rendang padang

pakailah bahasa minang,,,hahahahahhahaha

2. menawar barang dengan harga yang pantas agar tidak merugikan

kedua belah pihak yang terkait sehingga terjadi kedamaian antar

bangsa indonesia

3. pakai segala rayuan gombal bwat menawar,,klo lu gak terlalu tertarik

dengan barang yang ditawar,,mendingan cabut aja darisitu,,jika tiba2

dipanggil bwat balik lagi dan dia mau dengan harga yang kita tawarkan,,

berarti usaha kita berhasil...tapi setelah jauh kita tetep gak dipanggil..

berarti tu pedagang orangnya gengsian..dan kita jgn mau balik lagi kesitu..

klo ngebet banget pengen barangnya..cari pedagang lain dan pada waktu

yang berbeda pula,,

4. jangan sampe cara menawar lu berubah menjdi menawir..

hal itu telah melanggar Hukum dan Undang-Undang Tawar Menawar



7. Mana Plangnya??



klo kita pergi ke suatu tempat Wisata pasti penegennya difoto dengan tulian sebuah

nama lokasi wisata nya..misalnya temen gw pengen foto di tulisan benama "LIDO"..

lalu dia berpose,,agar dia ketahuan sudah pernah ke LiDOteman gw riang tak terkira,,

akhirnya sudah berbagai pose diperagakandenagn PLang LIDO yang bentuknya agak tinggi jadi susah buat motretnya

orang-orang mulai curiga tu ank foto ma apa seh,,ribet bener,,

dan akhirnya kita pun menyebrang jalan dan pulang menuju rumah..

sebelum kita naik angkot secara bersamaan dan saling lirik

satu sama lain,gw dan dia melihat tulisan LIDo dengan lebih jelaz dan bentuknya lebih rendah,,

seketika itu pula gw ketawa-ketawa aja,,soalnya hal yang sebelumnya kita lakuin bodoh

banget,,telah melakukan hal yang sa ngakak sangat ribet dimana ada cara yang lebih gampang

di pelupuk mata..gw nawarin tmen gw untuk foto lagi,,tapi dia udah tengsin duluan..



Pesan Moral :



Lihatlokasi wisata secara seksama dan cari spot bwat berfoto Okay..

jangan ampe salah,,dan carilah plang tempat wisata yang baguss...



8.mencari dan Berharap Ada Calon Dokter Yang Oke



Suatu hari gw tergabung dengan suatu kepanitiaan yang mengharuskan dateng ke fakultas kedokteran,,

apa yang membuat gw tertarik ikut kepanitiaan ini adalah untuk bermain2

di fakultas kedokteran,,lumayan kan,,kapan lagi coba,,siapa tahu gw

melihat tontonan meanrik dan segar..dan mencari calon dokter yang okay,,

nah,pada hari itu gw merasa dilema akibat,,salah satu kuliah gw,,absenna udah banyak

dan punya nilai kecil pas uts,,gw pasrah aja..lebih baik gw mementingkan

masalah masa depan gw atau.. mencari jodoh selagi lewat..

untungnya gw masih punya otak..gw milih kuliah gw..

menit,,demi menit berlalu,,,setengah jam,,dosennya kgak dateng2,,tapi

gak ada pemberitahuan kelas batalisme,,uhm,,mungkin macet,,tappi setengah jam kemudian

dosennya gak dateng juga,,

akhirnya gw bertekad langsung pergi tanpa basa basi.,,

perjalanan jauh gw lalui demi kesana,,

nyampelah gw disana dengan sehat walafiat,,dan ketemu teman2 yang sedang menunggu,,

nyampe sana,,,kok sepi yah,,jam menunjukan pukul 4 sore,,gmana gw mau ngeceng..

ternyata anak kedokteran itu pulang jam 3 sore,,dan susana di kampusnya

udah sepi mampuz..tinggalah gw ngeliatin bangunan sempit dan tuanya,,

denagn penuh kehampaan,,,



Pesan moral :



janganlah melakukan sesuatu dengan niat yang aneh2dan hil yang mustahal..

insya ALLah lu bakal gak dapet tujuan awal lu sendiri,,,

apalagi niat mencari jodoh,,jangan diniatin,,itu bahaya,,



9.Kebangkitan Nasional



Perayaan Kebangkitan nasional ke 100 menjadi suatu fenomena sendiri di negeri ini,,

akhirnya universitas kita diundang menjadi aubade,,gw seh gak niat2 amat..

tiap latian gw gak dateng..ngapain,?? secara ada ribuan orang yang ikut aubade..

lagian suara gw yang cempreng tidak akan berpengaruh banyak,,terhadap musikalitas nyanyian,,

pas hari-H gw dateng,,itu hal yang tidak sia-sia,,

sebelum dateng..gw makan dulu dan ke balairung dari arah pocin,,nah,,gw melihat bus2 sudah melaju

menuju senayan,,dan gw bersama partner in Crime gw sambl lari2 teriak,,pak jangan tinggalkan Calon Asdos ini,,

hahahaha,,pas udah nyampe..ternyata busnya banyak,,

ngapain gw cape2 lari sambil teriak kgak jelaz,,

pas udah nyampe sana absen n dapet duit..duitnya seh gak gede biasa aja

lumayan,,trus,,kan yang ngabsennya gak tau nama kita,,berarti

klo gw muter balik dan nandatangan tmen gw yang gak dateng..bisa dapet berapa ratus-ribu sampai berjuta2

tapi untungnya gw masih punya hati nurani yang ikhlas tak terperi,,

lalu,,berangkatlah kita kesana,,nyampe disana kita solat dulu dan lain sebagainya,,

bukannya langsung masuk ini,,malah,,nunggu aja di luar

alhasil,pas masuk stadion Senayan gw gak kebagian duduk,,wah gaswat!!!

akhirnya duduk dempet2an sambil pada jutek satu sama lain

ah,,bodoamat yang penting gw berkontribusi,,

denagn hawa yang panas dan pake jakun..buset dah,,gerah pisan,,

pas tiba saatnya nyanyi..gw sangat menikmati nyanyinya

walupun gak pernah latihan dan saat itu,,,

rasa nasionalisme gw baru muncul..gw yang gak berarti apa2

menyumbangkan suara cempreng gw disana,,

yang ada di pikiran gw,,,gmana cara buat acara ini,,berapa duit

ynag dikeluarin sama pemerintah,,

bwat acara gede2 an ini,,pastiny bermilyar2...

tapi gw takjub sama fireworks n tarian tradisional massalnya,,gak ada yang

ngalahin deh,,

setelah tengah malem,,lalu pulang,,,,

ketika gw melihat siaran ulangnya di tv..

ternyata suara aubade beribu-ribu orang kgak kedengeran..

ngapain juga gw nyanyi,,



Pesan Moral :



Sebenernya kejadian ini gak bodoh2 amat..tapi kadangkala kita isa berwisata

dengan adanya rasa nasionalisme,,dan jangan sia-siakan duit yang udah dikeluarkan

Pemerintah bwat bikin acara akbar gini..



klo ada acara kyak gini,,gak usah ribet2 buat latihan segala macam..

mendingan dateng pas hari-H doang,,itu lebih menguntungkan...





to be continued...

Tidak ada komentar: