Senin, 30 Maret 2009

Panduan Wisata Bodoh part 1

panduan Wisata Bodoh

(a guidance of Crazy Stupid vacation)
nurul Anisa Putri a.k.a Aniez Onez
januari 2008

ini sebuah catetan kecil yang tentang suatu perjalanan gw..
kadang aneh seh..pesen gw,,biar lu gak ngalamin hal yang sama dengan gw,,
sering kesasar kemana-mana,ngalamin hal yang aneh
,jangkauan wisata gw lokal daerah seh
dan simpell..gak macem-macem..
tapi,,klo gw gak pernah salah,,
gw gak akan pernah belajar..


1. Ke Puncak Asmara

Sabtu siang jam 11-an gw berencana ke Puncak dengan sangat nekat.
soalnya rencananya dadakan.terus naek mobil yang namanya colt,,
angkutan umum kota gtu jurusan Cianjur.
isinya tuh tadinya kosong..dan akhirnya penuh,,udah kayak ikan cue dijejelin,,
udah pada tau kan Jalur puncak
pas hari Sabtu-Minggu sistem buka tutup tiap sejam sekali..
yah gw akhirnya gw terjebak macet bersama teman2 sependeritaan
yang lagi ngebet pd pengen ke Puncak,,,hehehehe
jadi dah,,dari rumah gw yg harusnya sejaman..jadi3 jam..
Alhasil,karena tu angkutan umum yang punya mesin dibawah..kaki gw
yang indah ini kepanasan tiada tara,,rasanya kayak mau kebakar,,
sumpah,,gw gak boong,,mana bau keringet bapa-bapak campur ibu2,,uh,,
mana pemandangan di colt itu,,aneh2 pula,,ada cewek mirip dewi persik,,uh,,masa
cewek dengan dandanan kyak gtu naek angkutan umum kyak bgini,,gak salah dayah
trus ada juga satu lagi kayak siapa gtu,,pokoknya penyanyi dangdut,,entah itu siapa,,
lanjut lagi,,dan akhirnya,,nyampe juga,,tuh,,pas gw masukin kaki gw ke air..
brrr...rasanya kayak centong panas dimasukin ke air dingin,,
dan disana gw cuman 2 jam..cuman makan sotomie yang rasanya
kagak jelaz,,,dan foto-foto..sebenernya disini gw pengen jalan-jalan apa cuman numpang foto??!!
dan akhirnya balik..setelah hujan reda,,gw balik,,baru naek angkot dikit,,eng,,ing eng macet lagi,,
nunggu giliran satu arah,,udah lengkap penderitaan gw,,heuheuheu,,
sebenernya gwudah tau,,resiko apa yang bakal gw hadepin disini,,dan entah
kenapa dengan modal nekat dan percaya diri tinggi bah
sesuatu itu harus dijalani,,gw pergikesana dengan total perjalananpulang pergi 6 jam dan waktu
jalan2 cuman 2 jam,,What the?!!
makanya,,rencana gw ke Puncak hari ini,yah begini,,
pergi ke Puncak Derita..
tak seindah pergi ke Puncak Asmara..
ternyata semangat Liburan itu akan mengalahkan segalanya,,


pesan moral:

1.jangan pergi ke puncak hari Sabtu-minggu walaupun bukan long weekend
bisa autis di jalan dan sakit bokong karena duduk mulu kerjaannya,,

2.di puncak jgn sesekali beli baso/soto mie,,rasanya gak aneh..gak seperti
yang kalian rasakan biasanya,,gw sarankan beli pop mie aja,,soalnya
rsanya bakal sama kan...klo rasanya beda,,berarti tu pop mie diseduh
sama aer comberan,,hahaha,,boong..

3.jangan naek angkutan umum,,uhh,,itu bakal bikin kalian punya sifat pemarah,kena penyakit darh tinggi,
gangguan ibu hamil,impotensi,autis,saki
t bokong,,kaki kebakar..makanya,,
pas naek colt.kaki kalian diangkat tinggi2 biargak kerasa hawa mesin
ajaibnya bakal ada tontonan,,kayak liat dewi Persik atau gaya penyanyi dangdut lainnya,,



2.Senayan..oh Senayan..
Suatu hari gw mau ke Senayan..naek angkutan umum juga,,dari daerah Depok..
sebenernya gw gatau seh harus naek apa ke sana dan gmana..tapi temen gw sok tahu..yah,,gw percya-percaya aja,,
secara dya temen gw,,akhirnyakita naek kereta menuju jakarta Kota,,udah
gtu naek Busway jurusan Blok M..naiklah kita,,dan kita
bertanya2,,kan ada pepatah "malu Bertanya Sesat di jalan"..yah gw ikutin,,
dan kita tahu turunya di ratu plaza aja biar bisa ke Ps or Senayan city..ok2
kita liatin tuh ratu plaza,,tapi kok gak ada2 yah..entah sebebernya kedodolan siapa,,tiba2 udah nyampe Blok m
wah,, berarti udah lewat dong..huh apa yang gw pikirkan..intinya kita harus naek Busway lagi ke arah
yang tadi,,dan ternyata,,temen gw juga gak tahu,,hahahha
nasi sudah menjadi bubur,,,nikmatilah kedodolan,,,yang terjadi,,
akhirnya nyampe juga,,ternyata kita harus turun di sebuah halte yang namanya bukan ratu plaza,,
nah,,udah tuh muter2,,ampe pegel,,nah kita balik deh,,udah sore,,
dengan rute yang sama,naek busway menuju jakarta kota,,eng..ing eng,,kita gak kebagian kereta express,,uh,,gondok juga,,
terpaksa harus naek kreta ekonomi udah gtuh penuh,,buset tralala,,heu,,
mama..mama..dosa apa yang kuperbuat selama ini...dan setelah gw mengalami hal itu,,,
gw berpikir bahwa kayaknya ada deh angkutan yang dari depok menuju Senayan langsung,,,
dan..kejadian tadi merupakan rute yang salah,,tunggu dulu,,bukan rute yang salah,,tapi
rute yang malang,,hehehe.gw ambil suatu kesimpulan bahwa dari depok menuju jakarta Kota(jakarta barat) terus
ke Senayan(Jakarta Pusat)..pas balik lagi ke jakarta barat,,baru ke Depok,,
kenapa juga gak ada bus/angkot jurusan depok Senayan,,
Suatu hari,,,gw ke Senayan lagi,,,dan melihat ada Bus Patas jurusan depok,,
arrgghh,,,dan gw ngeliat bus itu gondok setengah mati,,
dan bus itu pergi menjauh dengan rasa iba ninggalin gw,,,
Senayan..oh Senayan,,

Pesan Moral :
1. sikap sok tahu emang penting dalam suatu perjalanan,,tapi jangan
sok sok tahu..beginilah nasibnya,,

2. Malu bertanya sesat di jalan itu harus diaplikasikan ketika sebelum perjalanan..
bukan di tengah perjalanan..

3. cari info sebanyak-banyaknya,,pastikan punya alternatif angkutan umum
yang seyogyanya,,bisa mengantar anda pulang dengan tenang,,


3.Menuju istana Wakil presiden.

temen gw yang beda fakultas pernah ngajak gw untuk nonton acara live
yang ditayangkan di sebuah stasiun televisi swasta..acaranya tentang politik komedi gtu,,
sebelumnya,,,gw pernah ikutan acara kayak bgini cuman belum pernah tempatnya
se-spesial Istana Wakil Presiden Jusuf Kalla..
Lumayan excited,,karena secara mudah gw mendapatkan kesempatan ngeliat istana Wakil Presiden
hehehe,,gw seh sebenernya gak kenal sama yg laen,,tapi juga ma temen gw
sebut aja Partner in Crime dan satu lagi partner in Shopping/fashion..sayang seribu sayang..
partner in study and in Love ini gak bisa ikut dikarenakan ada urusan lain..
padahal dya yang ngebet banget pengen ikut,,
bersama 2 partner ini gw meraskan prestise tersendiri,,beda dari yang lain,,
walaupun tanpa bayaran..dan resiko pulang tengah malam,,
dengan makan malam,transport gratis dan iming2 istana wakil Presiden sudah membuat itu cukup,
pergilah kami setelah maghrib,,diluar jadwal awal,,jam 5 sore,,dengAN menaiki
sebuah kendaraan yang bisa disebut "bus"..maaf yah panitia,,
dengan kekuatan tinggi bus itu sudah nyampe istana presiden atau klo di Amerika,,
gedung putihnya..tapi kok..agak aneh yah..
gw coba bertanya,,,
Apa yang ada di pikiran lu ketika lu mendengar kata-kata istana wakil presiden..
pasti letaknya ada di belakang/samping tau dimanalah,,pokoknya letaknya bakal tetanggaan
sama Istana Presiden,,jangan Asal nebak dulu,,kita lanjutin ceritanya,,
nah,wah feeling gw udah mulai aneh yeuh..kok gw gak nyampe2 yah..gw
n yang lainnya dibawa muter2 ke dalam keramaian jakarta di waktu malam..
udah kayak masuk angin rasanya gw,,udah gtu lapeerrrrrrr...semua ynag disekitar gw tampak khawatir
sepertinya kita akan tersesat..klo dalam film dora..ketika kita tersesat..kita bisa ambil peta..ambil peta,,
senagnya jadi dora,,sayangnya kita bukanlah dora,,berkali-kali muter di jalan yang sama,,
orang-orang udah pada bisik-bisik aja,,kita dibawa kabur kemana??
tanya orang-orang di jalan udah,gw seh diem aja sambil ngomong sendiri di dalem ati..
"kapan gw makan..perut gw udah bunyi"..dan seketika itu gw membayangkan makan malam
dengan meja bulat beralaskan kain putih bersih
khas acara penghargaan kayak oscar..or Golden globe,,terus
ditengahnya ada lilin-lilin dan bunga mawarnya ditengah..berjejer..peralatan makan
yang rapi tersusun,,,terus pas mau makan kita pakai serbet,,harus duduk tengak
dan ngambil sendok garpu dengan hati-hati...terus masukin makanannya
sedikit demi sedikit supaya rapi...wuih..khas anak kerajaan yang lagi diundang
makan malam untuk acara charity
tiap tamu dilayani oleh satu pelayan,,wuih,,senangnya..
terus-terus,,itu cuman khayalan gw ditengah kegalauan supir bis dan temen gw yang jadi ketua
panitianya..dan kepusingan gw..akan lapernya perut gw malem itu..
orang-orang udah mulai pada aneh lagi..kapan nyampenya,,
jam sudah menunjukkan pukul setengah 9 malem,,wuih,,waktu yg terlalu lama pergi ke jakarta,,
dan,,,,akhirnya nyampe juga,,,wuih..seneng,,ternyata itu bus udah muter-muterin istana
Wakil presiden,,cuman karena malem,,jadi agak samar-samar gtu dah,,
pas mau masuk..kita udah diwanti-wanti untuk gak pake jeans..dan salahsatu temen gw,
partner in Shopping/fashion ini nekat pake jeans,,untungnya dya bawa rok,,
dan yang gw tau ada salahsatu tmen gw gak bawa rok,,trus pake,,bawahan mukena
yang bentuknya mirip rok..What creative she is!!demi masuk istana
juga dikasih..tanda audience..si partner in Study/love gw minta oleh2,,yaitu,,tanda masuk
audience,,gw seh udah ngakak-ngakak aja,,ketika nama dia dipanggil..si partner in crime
pura-pura ngaku jadi si partner in study/Love..hahahaha,,dasar anak gila!!!
masuklah gw,,,dan akhirnya gw dikasi makan,,dan makanannya adalah nasi box,,hoho,,
impian gw sirna sudah membayangkan makan malam yang romantis dan terhormat
khas ibu-ibu pejabat,,,yang penting perut gw kewnyang,,hati senang,,!!!
tapi,,gw gak boong,,masalah ini,,gw melihat dari dekat pak Jusuf kalla,,tingginya
gak jauh dari gw..munkin beberapa senti lebih pendek dari gw..
gw berpikir,,dari tubuh yang semungil itu terciptalah ide luar biasa membangun bangsa
dan aura kepemimpinan muncul dari beliau,,nah gw,,dari badan lumayan agak b0ngsor,,
boro-boro bisa membangun bangsa dan mensejahterakan rakyat..nah gw..
membangun rumah tangga aja belom sanggup..apalagi mensejahterakan kantong sendiri juga
gak nyampe2..beruntungnya gw gw duduk di depan,,tapi gw gak merasa nyaman tidak berada dekat
dengan para si Partner-partner gw..gw pikir,,kenapa gw bisa duduk di depan..
jangan-jangan bapa mama gw pernah berdoa pengen liat gw nampang di tepe,,
seolah-olah jadi artis..padahal tampang kayak gw pasaran,,
gw menderita duduk di depan,,tepuk tangan ampe pegel sambil ngeliatin presenter bermakeup
tebel 7 lapis dan sepatu hak tingginya..
gw hanya bisa menahan senyum biar gigi gw yang gingsul
kyak drakula ini tak terlihat oleh kamera..


Pesan moral

1. fakta bahwa Istana wakil presiden letaknya agak jauh dari
istan Presiden,tepatnya lokasi jalan yang beda..

2. benar kan,,kata mitos "no jeans in the palace"..jangan coba2 dan lu akan diusir
keluar sama security..hhihiihih
siapkanlah kain,,yang penting bukan jeans,,demi masuk ke istana..
jarang-jarang kan ada kesempatan itu..

3. jangan pernah membayangkan hal-hal yang tidak mungkin seperti
makan malam dengan Pak Kalla" di sebuah makan khas Bapak Ibu pejabat
atau gaya kraton,,hahahaha,,,terlalu naif..



to be continued..

Tidak ada komentar: