Jumat, 08 Januari 2010

sahabat pena

Hati saya senang..tiba-tiba ada nomor rumah yang sudah tertempel di rumah. Akhirnya..itu kata-kata yang ada di dalam hati saya. Nomor rumah saya 12. namun banyak yang terjadi sebelum rumah saya memiliki nomor rumah.

tiba-tiba ingatan kembali memutar ke jaman SD dimana saya awalnya disuruh iseng-iseng ikutan kuis di majalah anak-anak.sebut saja BOBO..lah emang nama majalah itu.hahaiii. Kebiasaan berlangganan namun tidak ada benefit lain dari membaca majalahnya. Ibu saya menyuruh untuk mengikuti kuis terus terusan. Kagak pernah menang boy..semua kuis diikutin dari TTS,Sayembara Bibi Titi Teliti ataupun kuis dadakan yang lainnya. bosen saya kerjaannya bolak balik kantor pos buat beli kartu pos plus ngiriminnya. Kayaknya si abang tukang pos bosen deh sama saya. hahaha.. lalu memang semua usaha ada hasilnya..Allah maha pendengar boy..setelah berulang-ulang akhirnya saya memenangkan kuis seingat saya Uji Imajinasi dimana waktu itu pertanyaannya adalah “Apa yang kamu inginkan di tahun 2001” terus sebenarnya bingung..bahkan saya bertanya apa yah jawabannya biar menang sama Ibu. Lalu saya tuliskan jawaban “ saya ingin rajin belajar agar bisa masuk sekolah favorit di kota saya”. weiss dan suatu hari saya sangat deg-degan membuka majalah bobo seperti deg degan membaca Koran hasil SPMB..weks..weks..

wah.tiba-tiba saya menang…rasanya senang sekali..dasar bocah SD gitu aja seneng.hehe..bahkan nama saya dipajang di paling atas..hoho. lucu sekali. Itu pertama kali nama saya tercatat pada media cetak.* makin lebay lah. Saya tidak menyangka mendapat sebuah wesel atas hadiah yang saya terima. Pas jaman itu hadiahnya 25.000 buat anak SD lumayan juga yah..sekarang aja 25 ribu bisa buat ke bioskop..haha. tidak diharapkan tiba-tiba banyak surat berdatangan ditujukan kepada saya entah itu ke sekolah maupun rumah. Nah, gara-gara alamat saya yang tidak jelas dan tidak memiliki nomor rumah. Surat surat itu pada nyasar ke rumah tetangga bahkan jauh kemana boa. Jadi kalau tidak saya tulis nama SD yah nama a/n orang tua. Setidaknya nama orang tua akan lebih mudah dikenali si tukang pos.

Lucu sekali mengenal sahabat pena. Saya hanya membalas surat yang datang kepada saya. mereka juga sepertinya mempunyai tugas dari sekolah untuk bersahabat. Unik sekali mengalami masa bersahabat pena. Jujur saya rindu..berharap surat dibalas, kertas surat berwarna-warni ( bahkan ada yang nulis pake kertas bergambar titanic..buset dahh) plus foto ukuran 4R dengan gaya belah tengah..aduh..oh my god banget deh..menanyakan kabar daerah masing-masing. Perangkonya dikoleksi..dan yang lebih spesialnya lagi ketika saya ulang tahun ada yang memberi hadiah sebuah figura..baik sekali dia. Sayang sekali saya tak sempat membalas kebaikan dia..semoga Allah yang membalasnya. Dan yang lebih konyolnya lagi ada surat dimana surat itu harus diberantaikan untuk mencari uang. Dimana kita harus mengirim uang sebesar 500 rupiah kepada yang mengirimkan surat kepada kita dan yang lainnya. Lalu kita mengirimkan surat kembali kepada 20 orang terserah kita. Ini semacam system MLM ( Multilevel marketing). Sumpah saya awalnya tertarik biar banyak uang..hahaha. namun tak dilakukan karena takutnya malah saya yang rugi..haha

Ada lagi cerita ketika pengumuman UAS SMP diumumkan lewat surat. Untuk mengantisipasi kesalahan mengirim surat bapak saya yang datengin kantor posnya. Yang dikhawatirkan adalah si bapak ngeliat nilai UAS nya tengah jalan dan hasilnya jelek dan gak lulus. Takut beliau pingsan. Beuh itu bisa kacau aja..hihihi. namun alhamdulillah hasilnya baik baik saja. Kalu gak suratnya dijemput yang ada nilai saya nyasar kemana dah tau gak jelas.wkwkwkwkwk

Berbeda sekali dengan sekarang yang teknologi yang memudahkan jejaring sosial dan kepraktisannya. Tak usah lagi meminta foto..toh sudah ada..kalau mau tulis pesan tinggal ketik saja. Gampanglah..cari teman lam bisa, cari musuh lebih gampang lagi..tinggal tulis aja kata kata kotor di jejaring sosialnya. Sangat gampang namun juga dapat menimbulkan permusuhan karena nulis yang aneh aneh dan apalah seenaknya. Bisa jga jadi stalker siapa, ngefans ma siapa.Terkadang bisa mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat. Tapi entah kenapa saya rindu dengan cara lama bersurat-surat karena niatnya memang berteman dan agak jengah dengan kehidupan maya. Sedangkan jejaring sosial terkadang suka dipakai untuk tempat iseng dan privacy dibutuhkan. Haha.. jejaring sosial membuat kita tidak menjadi realistis dan tidak mudah melupakan orang lain. Haha..yah itu hanya seberkas kisah unik.dan saya masih ingat mengenai apa yang terjadi. Jadi apa kaitannya dengan statement saya diatas adalah. Sekarang kalau ada yang ngirim surat dijamin gak bakal nyasar lagi karena rumah saya sudah punya nomor.Yeah..yeah tapi sekarang saya jadi bingung siapa yang masih mau ngirim surat ke rumah saya?? selain surat tagih utang hahahaha

Tidak ada komentar: